KEMAJUAN ITU ADALAH AGAMA TIMUR TENGAH DAN PEMIKIRAN BARAT


Anda ingin disebut orang yang maju? peluklah salah satu agama dari timur tengah, kemudian berpikirlah dengan cara cara intelektual barat. Maka anda sudah sah dalam kelompok orang orang maju.

Lihat lah ke buku buku bergengsi dan kota kota yang dianggap sudah mengalami kemajuan pesat. Keyakinan TIMUR TENGAH dan pemikiran BARAT. Itu indikatornya.

Suatu daerah dikatakan terbelakang atau masih barbar, seperti di pedalaman Papua Barat. Disana penduduknya belum memeluk salah satu agama timur tengah. Baik itu Kristen, Islam atau Jahudi. Mereka juga belum tahu Blackberry. Pakaiannya saja masih koteka.

Jadi orang seperti saya ini, orang orang di Cina, Thailand, Jepang dan negara negara timur jauh lainnya, masih setengah dalam kemajuan. Karena masih berkeyakinan Asia Timur jauh.

Saya punya pengalaman begini.

Pak Marisi, ketua GAMKI di tempat saya dulu.

"Masih Buddha pak Traktor...?" begitu suatu hari dia beebincang bincang dengan saya.

Saya jawab, "betul pak, saya meyakini Buddhis.."

Lalu dia bertanya pada teman saya pak Bambang, Chinese Pontianak yang kerja di PT. Kapuas.

"Kalo pak Bambang?"

"Saya Katolik pak...." jawab Bambang bangga.

"Haleluya.... Puji Tuhan, sudah berapa generasi...?"

"Sudah sejak engkong saya...." kata Bambang

Haleluya lagi... Lalu keduanya kombor kombur atau kongko kongko dengan akrabnya. Dan saya dicueki.

Yang menarik adalah, "Masih Buddha?....." nya itu. Mengapa tidak ditanya saja, "Agama apa Pak?" atau yang sudah paling lajim, "Natalan atau Idul Fitri..." Hihihihi.... gak tau rupanya saya Waisak-an....

Dengan cara berpikir yang kadnag kadang mereka pikir saya 'barat', mereka sering kaget begitu tahu bahwa saya 'masih' Buddha. Agama Buddha kan sama seperti Hindu, agama Kuno yang sudah ketinggalan jaman. Masih menyembah berhala. Yang dewa dewanya mirip gambaran gambaran Iblis di kitab kitab perjanjian lama.

Saya melihat sendiri ke tempat saya besar dan dilahirkan. Sumatera Utara. Proses Timur-Tengahlisasi di daerah ini bahkan sudah sampai ke tahap pembakaran ulos dan perusakan artefak artefak sejarah purba Batak.

Agama asli orang batak yang sebenarnya adalah serapan dari Hinduisme atau Brahmanisme dengan adanya Batara Guru dan lain lain disini dianggap terbelakang dan tidak maju. Jadi kalau mau maju tinggalkan agama lama dan peluklah agama baru. Kemudian pakai cara berpikir barat, logika, logis, fakta dan realistis kata Erianto Anas.

Perpaduan Islam dengan pemikiran barat setidaknya terlihat pada mereka yang mengaku Islam Liberal. Diluar masalah benar atau salah, tepat atau tidak tepat. Itulah kemajuan yang diagung agungkan.

Di lain sisi, justru sekarang di Barat mulai melirik ke Timur. Sudah sejak tahun 70an, John Lennon cs memeriksa pemikiran pemikiran timur jauh. Begitu juga dengan Madonna, yang dengan gayanya sendiri justru dikecam karena memakai unsur unsur Hindu di berbagai klipnya.

Kemudian istilah make love don't make war yang melekat kuat pada John Lennon dan pada Flower Revolution pada umumnya. Band Nirvana. Dan hal hal lain yang tidak bohong adalah fakta fakta yang menunjukkan ketertarikan barat pada timur.

Kemajuan Jepang tetap saja terbelakang karena alasan kepercayaan. Mereka kan masih Shinto... dengan kadar Buddhis yang tinggi. Masih menyembah dewa Matahari. Bahkan Kaizar Jepang dianggap titisan dewa Matahari, yang secara de facto hanya sekedar benda langit pusatnya tata surya.

Namun dibalik itu semua. Adalah fakta juga yang terbukti. Matahari adalah sumber energi bagi semua tata surya. Bila Matahari padam. Kehidupan mati. Bangsa Mesir dan Jepang sudah tahu hal ini sejak jaman baholok.

Mereka menuhankan Matahari?

Itu istilah orang sekarang. Menjadikan semua hal yang dihormati sebagai anggapan itu adalah tuhan. Dengan t yang kecil tentunya. Karena Tuhan dengan T besar hanya 1. Yang Maha Esa, yang entah apa itu sebenarnya.

Kalau hakikat didasarkan pada fakta dan hal hal yang nyata akibatnya adalah sempit. Tapi hakikat harus disandarkan pada pemikiran. Ada apa sebenarnya? Bertanya dan bertanya, sampai tak ada lagi pertanyaan karena semua sudah terjawab. Itulah yang disebut Pencerahan.



Salam - Traktor Lubis
Artikel Yang Berhubungan Badan:


2 Response to "KEMAJUAN ITU ADALAH AGAMA TIMUR TENGAH DAN PEMIKIRAN BARAT"

  1. Anonymous says:

    kenapa gak jadi atheis bang lebih keren. hahaha
    gue udah murtad bang, sama2 orang kafir.. katanya??
    sudah pernah baca tulisan aa jin sang musafir? google aja bang, gue terinspirasi sama tulisannya.. dia juga terinspirasi sama filsuf timur

    Traktor says:

    Gw Buddhis.... gak percaya tahyul tahyul Tuhan tuhan itu....

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme