BUKAN HANYA ORANG BATAK YANG MAKAN ORANG YA!

Washington - Bekas gigitan pada tulang manusia prasejarah menunjukkan bahwa mereka menggerogoti tulang tersebut. Selama ini para ilmuwan telah banyak melihat bukti kanibalisme manusia purba, misalnya bekas kapak pada tulang, namun mereka belum dapat memastikan apakah manusia gua juga menggigiti tulang tersebut.

Untuk mempelajari apakah manusia gua juga mengunyah tulang manusia, para ilmuwan merekrut sejumlah sukarelawan untuk menggigiti tulang, tentu saja bukan tulang manusia, melainkan iga babi mentah dan kaki domba, termasuk iga bakar dan paha domba rebus. Baik orang Eropa maupun orang suku Koi dari Namibia terlibat dalam eksperimen itu.

Para ilmuwan melihat pola pada tulang yang telah digigiti tersebut, baik lekukan, lubang pada permukaan, maupun bagian tepi gigitan. Mereka mendeteksi adanya bekas gigitan serupa pada tulang manusia prasejarah berumur 12 ribu tahun dari Gua Gough di Inggris dan tulang Homo antecessor, spesies manusia yang telah punah berumur 800 ribu tahun dari situs Gran Dolina di Spanyol.

"Temuan ini memberi gagasan baru tentang apa yang terjadi ketika manusia pertama kembali menghuni Inggris setelah zaman es terakhir," kata Briana Pobiner, ahli paleoantropologi di Smithsonian Institution. "Mereka ada kemungkinan mengalami tekanan yang amat berat karena kesulitan menemukan sumber makanan, dan nutrisi dari praktek kanibalisme mungkin merupakan adaptasi terhadap tekanan itu."

Dalam laporan yang dipublikasikan di Journal of Human Evolution edisi Januari 2011 itu, para ilmuwan mengakui bahwa tidak semua bekas gigitan tersebut menunjukkan secara spesifik bahwa pelakunya adalah manusia. Meski demikian, para ilmuwan menjelaskan bahwa, bila dilihat dalam kombinasi, mereka dapat membuktikan adanya gigitan manusia.
"Sangat menarik melihat apakah bekas gigitan yang ditemukan itu benar-benar kumpulan fosil prasejarah awal yang disebabkan oleh manusia atau sebaliknya mamalia karnivora," kata Pobiner. "Beberapa spesies Homo awal mungkin harus mengunyah otot yang jauh lebih alot daripada kita, dengan kemampuan merusak tulang yang jauh lebih kuat daripada yang bisa kita lakukan."
Artikel Yang Berhubungan Badan:


0 Response to "BUKAN HANYA ORANG BATAK YANG MAKAN ORANG YA!"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme