ADENIUM SI KAMBOJA BUKAN DARI JEPANG

13007155641961108778Jarang saya membuka sisi saya yang ini. Bahwa sebenarnya saya adalah anak mami. Dulu saya adalah kesayangan (saya rasa) ibu saya. Dalam hal hobby pun, selain musik , melukis, agama, filsafat dan menulis, saya adalah pecinta keindahan.

Satu kenangan teramat manis dari almarhumah ibu saya adalah, saya diperkenalkan dengan Adenium dan Anggrek. Yah, bunga bunga berbunga indah itu dulu sempat menyita begitu banyak perhatian saya.

Untuk kesempatan kali ini, mungkin bisa membantu ibu ibu Kompasiana yang juga pecinta Adenium. Beberapa pengalaman yang sudah saya lakoni. Mengembang biakkan Adenium.

TEORI
1300715625827057303
Adenium di Indonesia dikenal dengan sebutan Kamboja Jepang. Entah siapa yang memberikan nama ini. Karena ini sebenarnya ngacok. Adenium berasal dari Afrika dan Asia Barat. Bukan dari Jepang.Kemungkinannya mungkin karena kita sudah melihat di kuburan bunga kamboja (Plumeria) yang besar besar itu. Lalu kita melihat bunga yang mirip di kuburan itu namun lebih kerdil dan…. Mirip Bonsai. Bonsai? Pikiran melayang ke Jepang pada tumbuhan tumbuhan yang dikerdilkan. Jadilah Adenium menjadi Kamboja Jepang.

Nah, karena berasal dari Asia Barat dan Afrika yang relatif gersang dan panas. Adenium adalah tumbuhan yang tidak begitu suka disirami air. Dulu Adenium saya saya letakkan di puncak gedung ruko 3 tingkat, di paparan matahari langsung dan hanya alam yang menyiramnya lewat hujan.

Pernah saya melakukan penyiraman, yang terjadi justru Adenium Adenium itu busuk.


13007157461135267870BONGGOL

Yang menarik dari Adenium ini adalah bonggolnya. Bonggol ini adalah akar yang menggelembung. Jadi sejenis umbi yang merupakan cadangan air bagi Adenium dalam kondisi alam panas dan gersang. Berikut cara mendapatkan Adenium dengan bonggol indah.

Bonggol pada Adenium didapat bila adenium kita berasal dari semai biji, bukan stek. Adenium hasil stek, bisa menghasilkan bonggol juga, namum relatif lebih kecil dan tidak proporsional bentuknya dengan keseluruhan badan tumbuhan.

Jadi, yang paling utama bila menginginkan adenium berbonggol indah adalah dengan cara menyemai. Banyak toko yang menjual biji siap semai Adenium ini. Relatif murah menurut saya, dulu saya pernah beli via internet, patungan dengan teman, sekitar 100 butir bibit biji siap semai dengan harga sekitar 100 – 250 ribu.

Keberhasilan semai, dengan media yang cocok, sekitar 80%.

Atau anda bisa praktek sendiri bila menemukan bunga Adenium anda sudah berbuah seperti ini:


13007165781127769739

Biarkan buah tersebut sampai tua. Setelah tua, baru bijinya bisa disemai.

13007158381814789080MEDIA

Karena berasal dari daerah gurun pasir. Saya membuat media tanam dari campuran pasir dan kompos 50:50. Jadi satu bagian kompos dicampur merata dengan satu bagian pasir. Lalu media tersebut saya masukkan ke semacam mempan atau wadah persegi yang cocok.

Media yang sudah siap saya semprot dengan air supaya lembab.

Lalu lubangi dan masukkan sebutir biji adenium di media semai anda.

Kunci persemaian biji adenium adalah air. Biji adenium akan tetap bersifat dorman sampai biji tersebut menemukan media yang sesuai dengan kondisi tumbuhnya. Air akan memicu sejumlah hal hal ilmiah di biji adenium sehingga akan tumbuh seperti kecambah.

Setelah mulai besar, bibit bibit muda adenium itu bisa dipindahkan ke semacam wadah baik yang permanen maupun yang temporer dengan media yang sama saja, 50% kompos 50% pasir.


13007160711680358432PERAWATAN

Adenium termasuk tumbuhan yang tidak ribet perawatannya. Kadang dengan dibiarkan saja, justru bisa berkembang dengan sangat baik. Yang perlu diperhatikan adalah hama. Sejenis kutu bisa merusak keindahan adenium. Kemudian perhatikan juga jamur dan lumut. Oleh karenya perlu untuk membersihkan pot atau wadah adenium.

Perlu diperhatikan dalam usia muda, adenium sebaiknya dijaga kelembabannya. Karena dalam kondisi yang terlalu kering, akan dapat menghambat pertumbuhan adenium.

Pemupukan adenium diperlukan untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Dalam kondisi yang muda, sebaiknya berikan pupuk yang merangsang pertubuhan, misalnya dekastar hijau. Setelah mulai dewasa beri pupuk yang merangsang regenerasi, alias bunga.

Tips pemupukan adenium adalah sedikit namun sering. Ini agar pertumbuhannya maksimal.





MEMBUAT ADENIUM CANTIK
Selain warna dan keindahan bunga yang tidak bisa diganggu gugat lagi sejak kita menyemaikan biji atau saat memilih adenium yang kita beli, hal yang membuat adenium indah adalah bonggolnya.

Pada tumbuhan adenium yang sudah dewasa. Coba anda bongar potnya. Hati hati luka pada akar adenium, karena luka pada akar bisa mengakibatkan bonggol menjadi busuk. Ciri ciri bonggol membusuk adalah daun menguning secara tidak normal. Ibu ibu yang panik seringkali salah menilai daun yang kuning ini, dengan mengira bahwa daunnya kuning karena kekurangan air. Maka semakin disiram. Akhirnya adeniumnya mati. Padahal sebenarnya masih bisa diselamatkan bila bonggol membusuk dan daun menguning. Caranya dikeringkan. Diangin anginkan beberapa jam dengan mencabut tanaman dari medianya.

Pencabutan tanaman dari medianya perlu dilakukan sesekali. Ini untuk memperbesar bonggol adenium. Anda bisa melihat bahwa umbi akarnya sangat besar di dalam media.

Setelah dibersihkan dengan hati hati, pakai kain lembut yang sudah dibasahi. AWAS LUKA. Anda bisa menamkannya kembali di media baru atau mungkin pot baru. Perhatikan pada saat menanamnya kembali. Jangan kubur semua bagian akar. Tetapi biarkan sebagian bonggol tetap di atas. Kelak, bagian akar yang anda timbun dengan media tanam akan membentuk bonggol yang juga tak kalah besarnya.

Tergantung ke kegemburan tanah anda, dan besar kecilnya wadah.

Jadi bila anda punya adenium yang bongolnya kelihatan tidak mau besar besar. Jangan pesimis. Anda belum memeriksa apa yang ada di dalam pot adenium anda. Bisa jadi sudah sebesar pot bonggolnya.

PERCABANGAN

Pada prinsipnya, setiap kita memotong satu cabang, dari bekas perpotongan cabang tersebut akan muncul 2 tunas cabang baru dengan arah yang berlawanan.

Hal ini penting, bila anda bermaksud membentuk tanaman Adenium anda menjadi sejenis Bonsai dengan bunga yang indah.

TEH DAN KOPI

Disaat anda duduk sore sore dengan suami atau suami dengan istri, sambil ngopi dan ngobrol santai, enak sekali dipandang bila di halaman rumah anda ada Adenium atau kamboja Jepang yang sedang berbunga indah. Merah, Putih, Pink… bahkan, kabarnya sudah ada yang Kuning.

Salam - Traktor Lubis


Artikel Yang Berhubungan Badan:


0 Response to "ADENIUM SI KAMBOJA BUKAN DARI JEPANG"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme