Ebiet G. Ade - Camelia I

Ebiet G Ade adalah Camelia, dan Camelia adalah Ebiet G Ade. Dua nama itu selalu identik. Untuk nama itu bahkan Ebiet menjadikannya sebagai judul empat albumnya. Tetapi siapakah sesungguhnya Camelia?

Ebiet G Ade terlahir sebagai Abdullah Abdul Gafar di Banyumas, 21 April 1955. Lihat saja salah satu syairnya "mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah kita yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa...".

Sebagai penyanyi balada dia tidak hanya bercerita tentang cinta. Dia kadang bercerita tentang alam, tentang manusia, tentang Tuhan, tentang Ayahnya. Dia kadang menyuarakan kritik sosial dengan bahasa yang santun, tanpa harus ada yang merasa tersinggung.Ia memulai debutnya tahun 1974, dengan menyanyikan puisi Emha Ainun Najib yang berjudul Kubakar Cintaku. "Saya tak mau disebut penyanyi," katanya.

Ia lebih senang dianggap "penyair yang menyanyi." Ia juga pernah menyanyikan puisi penyair Amerika yang tersohor Emily Dickinson. Camelia Lewat Jackson Record, Ebiet telah mengorbitkan kasetnya yang pertama berjudul 'Camelia I'. Berisi 10 buah lagu -- dan semuanya agaknya bermula dari puisi. Karena itu pada kaset ini kita lebih banyak diajak mendengar cerita, daripada musik.

Lagu-lagunya kemudian mendapat tempat tersendiri di hati penggemarnya. Dia merajai pop Indonesia pada tahun 1979 - 1983. Dia juga mendapatkan penghargaan BASF Award tahun 1984 hingga 1988, dan penyanyi terbaik Anugerah Musik Indonesia tahun 1997.Tetapi siapakah Camelia itu? Sayang dia tidak pernah ada. Sebab Camelia hanyalah sosok imajiner di mata Ebiet G Ade.


Download disini ya!




Salam - Traktor Lubis
Artikel Yang Berhubungan Badan:


0 Response to "Ebiet G. Ade - Camelia I"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme