Ulat Bulu 'Serbu' Jakarta


Ulat Bulu 'Serbu' Jakarta
Rabu, 13 April 2011 | 12:33 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Ulat bulu menyerang pohon Cemara di Jalan Sekretaris RT 15 RW 7, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Menurut sejumlah warga setempat ulat bulu yang menyerang pohon cemara di wilayah ini sebenarnya merupakan peristiwa tahunan sejak tahun 2007. "Biasanya memang kalau panas-hujan seperti ini ulatnya banyak keluar," ujar Suciyati (36), warga Tanjung Duren Utara ketika ditemui Rabu (13/4) siang ini.

Namun, Suciyati mengatakan serangan ulat bulu kali ini dampaknya cukup parah dirasakan warga sekitar. "Karena anginnya belakangan ini kencang, bulunya jadi beterbangan," ujarnya menambahkan.

Bulu dari ulat ini, menyebabkan gatal-gatal dan ruam pada kulit, dan banyak dialami oleh anak-anak. "Anak-anak jadi sering menangis karena gatal," ujarnya.

Sumarni, 38 tahun, warga lain, mengatakan serangan ulat bulu tahun ini sudah mulai terasa sejak empat bulan lalu, namun semakin parah sebulan terakhir. Ulat yang menyerang cirinya berwarna kuning kehitaman atau kecokelatan, panjangnya 1-2 senti meter, dan berbulu. "Orang Jawa bilangnya ulat dompo," kata Suciyati.

Untuk memberantas ulat bulu ini, Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Suku Dinas Jakarta Barat telah melakukan penyemprotan insektisida. Meski begitu, warga meminta agar pohon-pohon cemara ini ditebang. "Selain karena ulat, juga karena pohonnya sudah terlalu tinggi, takut tumbang," kata Suciyati.

Berdasarkan pantauan Tempo di lokasi yang berdekatan dengan Kali Sekretaris ini, ulat bulu sudah tidak banyak ditemukan.

RATNANING ASIH

Artikel Yang Berhubungan Badan:


4 Response to "Ulat Bulu 'Serbu' Jakarta"

  1. Est says:

    waahh... kenapa nggak dipindahin ke halaman gedung DPR itu uletnyah.....

    Traktor says:

    WEKEKEKEKE, ULAT MILLINIUM GAK DOYAN ANGGOTA DEWAN... JIJIK KATA MEREKA.

    Est says:

    wakakakaka...... ntar uletnya nggak ngeriung di pohon malah ngeriung di Ipod... wakaka..

    Ulat Bulu says:

    Sebelumnya, ijinkan saya memperkenalkan diri dulu. Saya ulat bulu, tinggal di pepohonan. Hobi saya makan daun.

    Tujuan saya datang bersama teman-teman saya adalah karena saya datang untuk membawa misi dari Tuhan (tapi maaf, saya tidak mau dibilang misionaris yang akan membuluisasi anda). Itu katanya pak Marzuki Alie lho, si ketua DPR itu. Kata beliau kedatangan saya adalah merupakan peringatan dari Tuhan..(saya tau kalo beliau ngomong gitu dari, kalo gak salah sih, tempointeraktif hari apa gitu. kalo gak kemarin ya kemarin dulu.. lupa saya, maklum saya khan cuma ulat bulu. cuma pas saya mencari beritanya lagi, kok gak ketemu..)

    WAHAHAHA, saya bahagia karena saya dianggap utusan Tuhan untuk mengingatkan manusia..WAHAHAHA!!!! Kedatangan saya pasti bentar lagi digatuk-gatuke sama kitab suci dan dicari-cari alasan kenapa saya datang dan menebar bencana(GeEr, yo wes ben..)..Tambah bahagia saya kalo begitu..saya makhluk yang kayak gini aja sampai dicarikan buktinya di kitab..oh terima kasih manusia..anda baik sekali deh..(tapi saya gak marah juga kok kalo tnyt tdk dicarikan bukti kenapa akhir-akhir ini saya mengganas berdasarkan ayat dalam kitab..itu tandanya anda sesat. jika anda waras, pasti setiap fenomena alam akan dicari-cari pembenaran berdasarkan kata-kata Tuhan yang anda percayai turun-temurun, seperti stunami dan gempa itu loh...)

    Komen saya nanggung? tentu tidak..saya merasa cukup sekian komen saya..tugas saya mengingatkan manusia belum selesai..jadi dadah baibai dulu yah..pareng ngih..

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme