FRIENDSTER TUTUP PER 31 MEI 2011 (SELAMATKAN DATA ANDA KALAU MASIH ADA)


Ingat Akhir Mei, Friendster Hapus Semua Data Pengguna
Rabu, 27 April 2011 | 11:09 WIB

TEMPO Interaktif, New York - Pelopor jejaring media sosial Friendster, menyatakan segera cuci gudang server yang dimilikinya pada 31 Mei mendatang. Artinya, seluruh data pengguna Friendster mulai dari foto, blog, dan seluruh unggahan akan dihapus.

Laman NYTimes menulis penghapusan seluruh data pengguna Friendster ini dilakukan dalam rangka perubahan strategi bisnis yang kini tersaingi Facebook atau Twitter. MOL Global Malaysia, pemilik Friendster berencana menjadikan laman itu sebagai situs hiburan baru yang lebih atraktif. Beberapa bocoran menyebutkan muka baru Friendster ke depan akan fokus dalam layanan game dan musik.

Lalu, bagaimana dengan nasib data penggunanya? Keterangan resmi yang dikeluarkan Friendster menyatakan sisa waktu hingga akhir Mei dinilai cukup bagi para pengguna Friendster untuk mengalihkan data-data yang dianggap penting.

Friendster akan menyediakan forum bantuan ‘Friendster Exporter’ yang dapat digunakan penggunanya menyimpan atau memindahkan data-data itu ke Flickr atau Multiply.

Rencana ini tentu saja menuai kekecewaan pengguna Friendster. Meski laman itu sudah serupa rumah hantu, Jim Leila, salah satu pengguna Friendster mengaku sedih. "Ada sebagian emosi saya yang tertinggal di sana," kata Jim, 31 tahun, yang kerap berkomunikasi dengan pacarnya sekitar empat tahun lalu.

Friendster didirikan oleh Jonathan Abrams sejak 2002. Tiga tahun berikutnya Friendster menambahkan fitur blog. Jejaring ini mampu menarik minat puluhan juta penggunanya di seluruh dunia. Namun, Friendster tak pernah menjadi raksasa jejaring sosial akibat tergilas Facebook dan Twitter. Sejak Desember 2009, MOL Malaysia telah membeli Friendster seharga US$ 100 juta.

RUDY I NYTIMES I CNET

================================

Sekedar bernostalgia. Friendster sempat merajai jejaring sosial di Indonesia. banyak sekali teman yang saya dapatkan melalui jejearing sosial ini. Bahkan diantaranya banyak yang sampai sekarnag masih menjadi teman di Facebook.

Kegemaran saya menulis pun dulu tersalur dengan hebatnya di Bulletin Frienster dan Blognya. Sejak sekitar 3 tahun yang lalu saya sudah tak pernah lagi buka friendster saya. Email dan passwordnya pun sudah lupa entah yang mana.

Sebenarnya banyak emosi yang terkait dengan Friendster ini. Beberapa orang yang paling saya cintai ketemunya di sini. Dibanding dengan Facebook yang terlalu hingar bingar, saya menyukai karakter Friendster yang lebih kalem dan lebih terseleksi dalam hal mendapatkan teman.

Tapi jaman memang berubah. Friensdster ternyata kalah oleh jaman. Keputusan menghapus semua data server Friendster dan Blognya saya anggap putusan yang tepat. Saya juga takut data data saya yang masih gentayangan di sana.

Bagi anda yang masih memiliki data apa saja, photo atau hal hal lain. Sebaiknya segera melakukan back up bila diperlukan.

Ingat, 31 Mei 2011 sudah tak ada.


Artikel Yang Berhubungan Badan:


0 Response to "FRIENDSTER TUTUP PER 31 MEI 2011 (SELAMATKAN DATA ANDA KALAU MASIH ADA)"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme