YANNY WAHID DAFTARKAN PARTAI KEDAULATAN BANGSA INDONESIA


Yenny Wahid Daftarkan Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia
Sabtu, 30 April 2011 | 11:38 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Yenny Wahid, putri mantan Presiden Abdurrachman Wahid, telah mendaftarkan partainya, Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia (PKBI), ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dalam kepengurusan PKBI, Yenny menjabat sebagai Ketua Umum.

“PKBI menjadi partai keempat yang mendaftarkan diri ke Kementerian sebagai partai politik,” ujar Kepala Subdirektorat Hukum Tata Negara Kemenkumham, Josi Besar Sugiarto, saat dihubungi, Sabtu, 30 April 2011.

Josi menjelaskan, PKBI melalui Sekretaris Jenderal PKBI Imron Hamid mendaftarkan diri pada Jumat 29 April 2011. Dengan adanya PKBI, total sudah empat parpol yang mendaftar di Kementerian. Tiga sebelum PKBI adalah Partai Nasional Republik, Partai Persatuan Nasional, dan Partai Nasional Demokrat. “Senin, PDIP-nya Bu Megawati yang daftar,” katanya.

Masa pendaftaran parpol yang dibuka oleh Kementerian Hukum dan HAM berlangsung hingga 22 Agustus 2011 mendatang. Selama rentang waktu tersebut, parpol yang sudah mendaftar masih punya kesempatan mempersiapkan kelengkapan administrasi berupa struktur kepengurusan lengkap di setiap provinsi.

ISMA SAVITRI

Inilah politik. Agak miris membaca tentang PKB belakangan ini. Terus terang di benak saya, orang nyoblos PKB itu karena Almarhum Gus Dur yang sangat dicintai orang orang buangan, kelompok minoritas, pejuang pluralitas dan lintas agama di negri ini. Bila PKB akhirnya mencampakkan Gus Dur. Yanny Wahid mendaftarkan PKBI sebagai partai politik dengan mengusung semangat Gus Dur.

Saya kira, PKB akan bernasib sama dengan PDI.

PDI yang dulu sempat besar, akhirnya hilang ditelan PDI-P saat Megawati disingkirkan. Sudah jelas PDI itu dicoblos orang karena anggapan ada aura Soekarno di partai tersebut. Saat Mega yang menjadi simbol keturunan Soekarno yang berpolitik disingkirkan, PDI menjadi kehilangan suara. Habis digerus PDI-P bentukan Megawati.

Politik di Indonesia memang tidak bisa jauh jauh dari figur.

Demokrat dengan SBY. Gerindra dengan Prabowo. Nasdem dengan Sri Sultan dan Surya Palo. PDI-P dengan Megawati. PAN dengan Amien Rais. PKB dulu dengan Gus Dur.

Di Golkar bahkan ada begitu banyak nama. Politikus tangguh banyak di Golkar. Kemudian bayang bayang sebagai Partainya Soeharto di jaman dulu. Sekarang juga sudah ditingggal keluarga Cendana. Tommy sudah membentuk Partai sendiri.

Yanny Wahid memikul beban teramat berat, nama besar Gus Dur ada di pundaknya. Yanny mulai memainkan peran Megawati. Dalam pandangan saya, Yanny bahkan lebih lincah daripada Mega. Terutama dalam hal berbicara di depan publik.


Artikel Yang Berhubungan Badan:


0 Response to "YANNY WAHID DAFTARKAN PARTAI KEDAULATAN BANGSA INDONESIA"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme