OBAMA NONTON OSAMA DITEMBAK MATI




Obama Tonton Siaran Langsung Penyergapan Usamah
Selasa, 03 Mei 2011 | 11:08 WIB

TEMPO Interaktif, Washington - Ketika operasi khusus militer menyergap Usamah bin Ladin dijalankan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama masuk ke sebuah ruangan di kawasan Washington pada Ahad malam untuk menyaksikan kejadian itu secara langsung melalui televisi.

Usamah tewas ditembak pada Ahad pagi waktu Pakistan. Pemimpin tertinggi Al-Qaidah ini dituding sebagai dalang pengeboman di berbagai negara, termasuk menara kembar World Trade Center pada 11 September 2001.

Seperti adegan dalam film-film laga Hollywood, Obama dan koordinator operasi khusus militer penyergapan Usamah berkumpul untuk memonitor situasi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Lembaga Kontraterorisme Amerika Serikat John Brennan dalam jumpa pers, Selasa, 3 Mei 2011.

Obama tiba saat para pemimpin misi sudah berkumpul di sana. Akan tetapi, Obama bergabung sebelum serangan ke mansion milik Usamah di Abbottabad, Pakistan, dimulai.

"Kami bisa memonitor secara langsung perkembangan operasi itu dari awal, ke waktu pembidikan target, hingga operasi selesai," ujar Brennan. "Kami mendapat data-data termutakhir untuk memastikan kami mendapatkan pandangan langsung terhadap perkembangan operasi itu."

Menurut seorang pejabat Amerika kepada CNN, Gedung Putih dan CIA tidak memiliki akses suara dalam tayangan langsung tersebut. Namun, mereka bisa mendapatkannya dari sarana komunikasi lain.

Ada video tayangan langsung itu, tetapi para pejabat enggan merinci mengenai tayangan langsung tersebut.

Los Angeles Times melaporkan CIA memimpin operasi serangan terhadap Usamah. Laporan itu juga menyebutkan para pejabat di lantai tujuh gedung pusat CIA memiliki akses tayangan langsung penyergapan Usamah.

Brennan enggan menjelaskan apakah mereka memiliki akses terhadap tayangan video atau komunikasi radio itu. Juru bicara Gedung Putih juga menolak berkomentar.

Google, Apple, dan perusahaan internet lainnya memiliki fasilitas penayangan langsung video dari seluruh dunia. Namun, itu akan sulit jika juru kameranya juga membawa senapan dan menyiarkan dari tempat yang belum pernah diuji-coba.

Setelah Obama menyetujui operasi itu, Direktur CIA Leon Panetta memerintahkan secara resmi pada Ahad agar operasi tersebut digelar.

"Kami harus mengenyahkan teroris paling berbahaya di dunia pada masa kita," ujar Panetta dalam pernyataannya, Senin. "Kami memberikan informasi dan pandangan yang dibutuhkan mengenai perkembangan misi itu kepada Presiden Obama dan timnya."

CIA melacak Usamah dan memberikan data intelijen ke Gedung Putih. Menurut Brennan, saat itu CIA yakin Usamah berada di sebuah mansion di Abbottabad.

CNN| KODRAT






Inilah Peserta Nonton Bareng Pembunuhan Bin Ladin
Selasa, 03 Mei 2011 | 16:23 WIB

TEMPO Interaktif, Washington - Penyerbuan ke lokasi persembunyian pemimpin jaringan Al-Qaidah, Usamah Bin Ladin, tidak saja dinikmati oleh 100 personel pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat, SEAL, yang terlibat dalam misi itu.

Serangan itu juga dinikmati secara langsung oleh Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama dan sejumlah pejabat seniornya dalam Ruang Pemantauan di Gedung Putih, Washington. Ada yang duduk, namun banyak pula yang berdiri karena tidak kebagian kursi.

Selain Obama, peserta nonton bareng lainnya adalah Wakil Presiden Joe Biden, Menteri Luar Negeri Hillary Rodham Clinton, Ketua Departemen Antiterorisme John Brennan, Menteri Pertahanan Bon Gates, Ketua Panglima Staf Gabungan Mike Mullen, dan Penasihat Keamanan Nasional Tom Donilon.

Serbuan itu bisa dinikmati lantaran di helm tiap prajurit terpasang kamrea yang terhubung langsung dengan satelit.

Brennan menggambarkan situasi di Ruang Pemantauan sangat tegang, tanpa suara. Bahkan ia mengibaratkan tiap menit dari 40 menit misi itu seperti berhari-hari. “Semua orang menahan napas mereka,” katanya.

Operasi selama 40 menit di Kota Abbottabad, Pakistan, itu menewaskan Bin Ladin (54 tahun), istri, Amal al-Sadah (27 tahun), dan putranya Khalid Bin Ladin (22 tahun) serta dua saydara kandung Bin Ladin.. Empat anak, termasuk putrid Bin Ladin, Safia, dan dua wanita cedera. Sejumlah pria juga ditangkap dalam insiden itu.

DAILY MAIL | FAISAL ASSEGAF



Artikel Yang Berhubungan Badan:


0 Response to "OBAMA NONTON OSAMA DITEMBAK MATI"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme