Beyond Belief Bab 8 - Kesimpulan [Khusus Untuk Buddhis, Non Buddhis Dilarang Baca]




Bab VIII
Kesimpulan


Jika apa yang telah ditulis sejauh ini telah merangsang para pembaca untuk mengetahui lebih banyak tentang agama Kristen maupun Buddha, kita akan secara singkat menganjurkan Anda untuk membaca beberapa buku lain. Sebuah buku yang terkenal dan mudah untuk dibaca yang membuka pikiranpikiran keliru Kristen terhadap Yesus adalah "Evidence" oleh Ian Wilson, 1984. Wilson meneliti sejarah Alkitab dan menunjukkan bagaimana para sarjana Alkitab telah membuktikan tanpa ragu bahwa Alkitab adalah kumpulan yang tidak berantakan yang terkumpul selama beratus-ratus tahun. Dia juga menunjukkan bagaimana Yesus sang manusia secara bertahap-tahap dianggap sebagai Tuhan.

Sebuah buku lain adalah "Rescuing the Bible from Fundamentalists" oleh John Spong, 1991. Spong adalah seorang uskup Kristen dan sarjana yang secara terbuka mengakui bahwa kebanyakan isi Alkitab adalah penuh cerita mitos (khayalan) atau banyak salahnya, dan dia memberikan segudang bukti terhadap pengakuannya itu.

Mungkin buku yang paling ilmiah dan dengan studi-studi yang mengena di zaman moderen ini adalah "Is Christianity True?" oleh Michael Arnheim, 1984. Studi yang mengagumkan ini meneliti setiap ajaran Kristen yang berpengaruh, dan membuka satu per satu dari mereka di bawah sorotan akal budi, dan tidak satupun dari ajaran itu yang lulus.

Banyak buku-buku yang baik sekali yang membahas ajaran-ajaran Sang Buddha.

Suatu buku yang memperkenalkan agaman Buddha adalah "The Life fo the Buddha" oleh H. Saddhatissa, 1988. Buku ini berisi riwayat Sang Buddha dengan sangat lugas, dan berisi pula tulisan-tulisan tentang ajaran dasar agama Buddha.

"What the Buddha Taught" oleh W.Rahula, 1985 dan "The Buddha's Ancient Path" oleh Piyadassi Thera, 1979 juga buku-buku yang baik bagi para pemula.

"A Buddhist Critique of the Christian Concept of God" oleh G.Dharmasiri, 1988, adalah buku yang sangat baik dan berisi penelitian-penelitian yang sangat seksama terhadap konsep Protestan tentang Tuhan dari sudut pandang Buddhis.

Buku yang paling menarik adalah "Two Masters One Message" oleh Roy Amore, 1978. Di dalam studi ini, sang pengarang menunjukkan bahwa kebanyakan yang diajarkan oleh Yesus telah berasal dari agama Buddha. Orang-orang Kristen fundamentalis, merupakan ancaman bagi Buddhisme, dan sementara kita tidak bisa berharap untuk menandingi sikap agresif ataupun kemampuan berorganisasi mereka, kita bisa dengan mudah membalas mereka dengan mengetahui banyak kelemahan dari ajaran agama mereka, dan mengetahui banyak kekuatan ajaran Buddhisme.

Kalau tantangan Kristen bisa merangsang umat Buddha untuk menghargai Dhamma, dan hidup di dalam Dhamma, maka tantangan itu bermanfaat untuk Buddhisme.



Artikel Yang Berhubungan Badan:


0 Response to "Beyond Belief Bab 8 - Kesimpulan [Khusus Untuk Buddhis, Non Buddhis Dilarang Baca]"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme