Apa Untungnya Bagi Saya Bila Anda Masuk Buddha?




Sama sekali tak ada. Begitu juga seandainya saya masuk Kristen atau Islam karena usaha anda. Tidak ada untungnya bagi anda.

Apakah anda berpikir bahwa jika saya pindah masuk ke agama anda, maka kelakuan anda akan berbeda di depan Tuhan anda?

Atau anda punya euforia semu, bahwa anda sudah berhasil menyelamatkan saya?

Menyelamatkan dari apa? Api neraka?

Anda tidak bisa menyelamatkan saya. Anda hanya bisa menyelamatkan diri anda sendiri. Yang bisa sedikit menyelamatkan anda selain anda adalah orang tua anda. Itupun selagi mereka masih hidup. Dan satu lagi, juga tergantung pada kesediaan anda untuk diselamatkan.

Bila anda berhasil membuat saya menjadi pemeluk agama yang sama dengan anda. Menurut saya anda justru berdosa. Dengan kata lain, anda sudah membuat saya murtad pada agama saya yang sebelumnya. Anda sudah merusak kepercayaan dan keyakinan saya pada kebenaran agama saya yang sebelumnya.

Itu dosa. Apapun yang anda rusak, tetap adalah kerusakan. Kerusakan itu tidak pernah baik. Atau kalau mau lebih soft, selalu tidak baik.

Dan bila masih ada keinginan anda untuk menjadikan saya pemeluk agama anda. Saya rasa anda gagal dalam hal menghormati alias menghargai kebebasan orang lain dalam beragama. Tak ada orang yang secara suka rela tanpa dasar apapun untuk pindah agama. Pasti ada alasannya.

Misalnya yang 2 ini:

1. Seks

Yah, karena saya ingin menikahi anda, kita beda agama, saya bersedia menjadi pemeluk agama anda. Supaya keluarga kita lebih langgeng, kira kira begitulah harapan saya. Jadi sekiranya pun terjadi, saya tidak pindah agama secara tulus. Saya pindah agama karena selangkangan. Bukankah ini penghinaan pada agama anda?

Tapi tetap saja banyak sekali orang yang justru bangga bisa ada teman, saudara, adik, kakak yang berhasil membuat suami/istri nya pindah agama karena urusan tali air ini.

2. Karena Ketertarikan Ajaran agama

Artinya, anda pindah agama karena merasa bahwa agama anda yang lama sudah tidak sesuai lagi dengan kebenaran yang anda yakini. Dengan kata lain, ada konsep yang anda rasa lebih benar dari agama yang baru anda peluk. Atau bisa jadi anda menjadi ketakutan. Agama anda yang lama tidak jelas menjanjikan surga yang enak enak itu.

Nah, kalau sudah begitu bila saya berhasil membuat anda pindah dari agama asal anda menjadi pemeluk agama saya. Agama Buddha. Bukankah artinya saya sudah membuat anda merasa agama anda yang dulu kurang bagus dibanding dengan agama saya yang sekarng?

Dengan kata lain, secara tidak langsung saya menyudutkan agama anda yang lama dan memaparkan agama Buddha saya kepada anda sampai anda percaya dan merasa agama anda yang lama tidak lagi bagus dan ideal? Jadi anda mau memeluk agama saya.

Apakah ini baik buat saya?

Saya rasa tidak ada baiknya. Justru saya sudah berperan dalam anda murtad pada agama anda yang lama. Bukannya memabantu anda menjadi pemeluk agama yang lebih baik di kepercayaan agama anda, saya malah membuat anda merasa agama anda jelek dan pindah ke agama saya.

Begitu juga bila saya mengikuti agama anda karena anda mendogma saya. Apakah Tuhan menjanjikan sesuatu? jaminan surga? pahala? Karena anda sudah menyelamatkan 1 orang yang sebelumnya sesat?

Tuhan macam apa yang menyuruh dan mengiming-iming anda begitu? Tidakkah Tuhan anda Maha Kuasa? yang juga berkuasa di agama saya yang lama? Kalau iya, mengapa saya harus pindah agama? Atau anda menganggap saya di agama sebelumnya tidak menyembah Tuhan?

Kalau sudah begini, artinya anda justru menganggap Tuhan tidak berkuasa di agama saya. Dan anda sudah bersalah besar..... Anda meragukan kekuasaan Tuhan anda pada agama saya.

Kalau anda percaya Tuhan anda Maha Besar, Maha Kuasa, bukankah harusnya Dia juga berkuasa pada orang orang yang Tidak mengakui keberadaan Tuhan? jadi mengapa anda ngotot saya harus ganti baju?



Artikel Yang Berhubungan Badan:


1 Response to "Apa Untungnya Bagi Saya Bila Anda Masuk Buddha?"

  1. Est says:

    Ini udah gw baca 2 kali, tapi gw belom sempet komen. ntar yaa...

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme