Kiat Jitu Buat Anda Yang Patah Hati



Ini kisah yang pernah diceritakan Bhikku Ajahn. Saya coba untuk menyampaikan dengan bahasa yang lebih membumi. Jadi di padepokannya di Aussie, terdapat seorang sammanera (calon bhikku) yang baru saja datang dari Amrik. Sammanera ini tidak bisa melepas bayang bayang kekasihnya di Amrik sana, yang meneriakinya tolol. Goblok. Otak udang dan lain sebagainya.

Sammanera ini sering melamun menatap jendela, menghitung awan dan menghitung semut yang berjalan hilir mudik di kosen jendela.

"Kamu teringat cewekmu ya?" tanya bhikku senior.

"Eh... Amitabha... tidak banthe (panggilan untuk bhikku)" jawab si Sammanera malu-malu.

"hahahaha... say abisa membaca pikiran kamu loh..!" balas bhikku senior.

"Bener kok... tapi iya deh. Rasa cinta saya yang besar membuat saya tidak bisa melupakannya dalam sekejab"

"Bisa dimengerti, saya juga begitu. Malah dulu saya lebih parah daripada kamu sekarang. Saya dulu hampir mau nyebur ke sumur itu..." si Bhikku menunjuk sumur mengerikan di luar Vihara.

Sammanera terbengong-bengong. Bagaimana bhiksu senior tidak malu-malu mengungkapkan 'kebodohan-kebodohan' khas orang jatuh cinta.

"Banthe tidak malu ya...?" tanya si sammanera malu-malu.

"Ah, tak ada yang perlu dimalukan. Masa lalu yang sudah terjadi, dibuat malu juga tetap masa lalu....." kata si bhikku senior.

"oh begitu yah banthe.... memang saya tidak bisa melupakan bayangan cewek saya itu... dia tidak cantik sih... hanya saya cinta kepadanya...."

"Bagus itu, kita memang harus mencintai sesama manusia"

"Hmmm... tapi ini memberatkan saya untuk mengambil jalan ini..."

"Maksudmu, keputusanmu mau jadi bhikku dan meninggalkan kehidupan duniawi menjadi berat gara-gara gadis itu?"

"Begitulah banthe...."

"Apakah kamu sudah bertanya? Apakah kamu ada menghubunginya?"

"Tidak banthe! Saya takut keputusan saya berubah, dan saya gagal jadi bhikku"

"Oh... Kalau begitu kamu harus menghubungi dia... Dan tetapkan keputusanmu sekali lagi..."

"Tidak banthe! Ini hanya masalah kecil saja. Saya sudah bulat tekad untuk menjadi bhikku. Masalah gadis yang saya cintai ini hanya sementara"

"Sampai 30 tahun pun saya kadang masih ingat cewek saya yang dulu loh..." kata si bhikku senior.

Si sammanera kaget.

"Ah... banthe menggoda saya..."

"Hahahaha.... benar anak muda. Cinta adalah hal yang susah sekali untuk dilupakan"

"Jadi saya harus bagaimana banthe?"

"Sekarang adalah membedakan tekad dan keinginan! Kamu bertekad menjalani hidup suci atau lebih berat ke keinginan untuk memiliki gadis itu?"

"Keinginan.... banthe benar. Tapi apakah saya masih mencintainya bila sudah tidak menginginkannya?"

"Saya dulu meminta gadis pujaan saya mengirimi saya setoples kotorannya. Jadi dalam bayangan saya, bila saya rindu padanya saya cukup melihat kotoran itu... dan saya akan bisa meredam keinginan saya untuk melihat wajahnya...." kata banthe senior senyum senyum.


Artikel Yang Berhubungan Badan:


1 Response to "Kiat Jitu Buat Anda Yang Patah Hati"

  1. Aiman Bee says:

    kirimin sy kotoran sapi dong wekekekekekek....

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme