PENELITIAN TIDAK MAIN-MAIN TENTANG ALEXA RANK DAN PARAMETER BLOG LAINNYA KEMUDIAN BAGAIMANA CARA MENCAPAINYA, EFEK BLOGERNAS FORUM SERTA KREATIVITAS ANDA SEBAGAI BLOGER


DAILY TRAKTOR, 20 April 2011. Kemarin adalah pencapaian terbaru dari Traktor.co.cc dalam sejarah Blogging-nya. Per pukul 23.58 menit, ditengah tengah galat dan jaringan ProXl yang tiba tiba menjadi GPRS, akhirnya berhasil juga saya melakukan Screen Capture atau istilah ornag lain Screen shoot. Artinya sama saja, merekam data grafik dari layar. Yang bisa anda lakukan dengan menekan tombol Print Screen di keyboard komputer anda, lalu lakukan paste di aplikasi editing grafis anda. Bisa Photoshop, Paint atau seperti saya, pakai Ulead PhotoImpact.

Nah, setelah anda saya ajak muter muter biar bingung dulu di awal pertemuan kita malam menjelang pagi dini hari ini (padahal si Dini belum tentu pacaran sama si Hari), saya akan menunjukkan apa yang sudah saya rekam tadi. Silahkan scroll mouse anda ke bawah ini:


Anda lihat sendiri kan. Saya tidak bohong. Itulah pencapaian saya hari kemarin. Bandingkan dengan data awal bulan, tgal 2 April dari rangking Alexa saya:


Dari tanggal 2 April ke tanggal 19 April 2011 Alexa rank naik dari 852.317 ke 426.918 menyusut sebanyak 425.399 dalam hanya 17 hari.  Penuruna rangking Alexa mencapai 25.023 per hari.  Apa yang kira kira membuat traktor yang terkenal jalannya lambat, kok bisa ngebut?

1. PENCERAHAN
Pencerahan datang saat saya memutuskan cabut dari Kompasiana dan konsen tingkat tinggi di Blog sendiri. Ini terjadi tanggal 24 Maret 2011. Jadi, sejak tanggal tersebut baru Blog ini benar benar saya benahi. Mulai dari desain yang diperbaharui terus. Tapi yang paling penting adalah memposting sesuatu yang benar benar fresh disini. Bukan lagi sisa sisa dari postingan di Kompasiana seperti yang saya lakukan sebelumnya.
Lalu dimana Pencerahannya?

Di kepala! Anda bayangkan, saya posting sekitar rata rata 5 tulisan perhari di Kompasiana. Tanpa bayaran apapun, kecuali asik bagi saya. Latihan menulis bagi saya. Bergaul dengan orang orang bagi saya. Disisi lain, saya tidak boleh mempromosikan Blog saya di Kompasiana. Saya serba salah. Nama belum ada. Branding belum naik. Mau cabut dari Kompasiana kok masih ragu. Sementara para SIRIKER dan IRIER serta DENGKIER semakin banyak di sana.

Pencerahan datang dari Admin Kompasiana. Admin yang sangat sangat konyol dan tidak profesional ini membunuh saya disana dengan jelas jelas berpihak pada para SIRIKER, IRIER dan DENGKIER. Sekaligus mencap saya sebagai Plagiator di Kompasiana, dengan posting di SHOUT yang bisa dibaca oleh orang banyak atas keputusan ADMIN membredel tulisan saya, hanya karena ada tuduhan Plagiat pada saya.

So, it's over. Pencerahan datang. Saya jadi BUDDHA di Blog saya. Dan kadang kadang jadi Gigolo Bloging juga. Thanks a lot.

Taik kerbo yang mereka lemparkan ke teras rumah saya sekarang sudah menjadi pupuk kandang yang laris manis saya jual di toko toko pertanian. Pesanan datang terus. Saya makin buncit saja.

Saya sudah sangat  sering menyinggung ini.  Tapi apa boleh buat, kalau mau baca jelasnya bisa klik disini: Atau mau baca yang lain lain soal Kompasiana, klik disni.

2. PRODUKTIF
Kalau ini sangat jelas. Saya super produktif. Apa saja yang terlintas. Bila ada waktu untuk menuliskannya saya tulis. Kadang di angkot, dengan Blackberry di tangan, saya bisa kelewatan tujuan saya, hehehehehe karena asik menulis lewat blackbery. Itu bila anda melihat tulisan pendek saya. Sekitar 1 - 2 halaman folia lah.

Siapa yang akan kesasar ke Blog anda bila isinya dari bulan kemarin masih sama saja? 

3. KREATIF
Nah ini dia. Anda bisa kreatif bila anda imajinatif. Mengapa tidak memposisikan pikiran pada apa yang ingin anda tulis. Misalnya. Anda bisa baca tulisan di folder Harry Potter. Setuju kah anda bila disana, tulisan saya seperti benar benar keluar dari Kementrian Sihir?

Kemudian bila saya menemukan sebuah gambar yang menggelitik di internet atau om Google. Jarang sekali saya mempostingnya dengan gaya biasa yang dilakukan orang lain. Misalnya gambar Liberty buka baju itu. Saya buat menjadi sebuah waawancara ngacok antara saya dengan batu! Dan disana dengan bumbu bumbu komedi satir, saya bisa mengkritik orang orang tanpa terlalu kentara.

4. BLOGERNAS FORUM
Ini signifikan. Setelah anda siap dari dalam diri anda. Anda perlu media promosi. Saya sampaikan ke anda. Saya bukan Blogger yang ngerti Blogwalking. Saya juga jarang share facebook untuk tulisan saya. Apalagi share Twitter. Sesekali saja bila saya rasa ada postingan saya yang benar benar premium. Kalau pertamax tidak! Tapi saya menemukan Blogernas Forum, karena terus terang pendiri Blogernas Forum itu orang yang menginspirasi saya untuk bikin akun di Kompasiana dan kemudian membuat Blog yang sedang anda baca ini.

Jangan takut bersaing dengan saya di BF, saya manusia juga kok, walau dalam bentuk traktor. Mungkin asik bila saya bisa seperti robot robot transformer itu.

5. DINAMIS
Yup. Kreativitas tidak pernah kenal batas. Itu motto yang saya buat untuk group band saya dulu. Dan itu relevan sekali untuk Blogging. Dinamis. Bergerak terus. Jangan pikirkan hasilnya bagaimana. Tapi berusaha dengan smart untuk mencapai hasil hasil itu.

Desain Blog saya sampai hari ini berubah terus. Mungkin akan seperti itu selamanya. Saya memang begitu. Itu mengapa deskripsibog saya adalah Tidak Selalu Hitam Putih. Bila saya saja bosan melihat tampilan yang itu itu saja, bagaimana dengan pengunjung Blog saya?

Tapi ini adalah karakter saya. Jangan ditiru bila anda punya prinsip lain.

6. PERCAYA DIRI
Yah kalau tidak percaya diri. Lebih baik beli diary, notes atau kertas tisu juga boleh. Menulis saja disitu. Nanti kalau sudah pede, baru dipindahin ke Blog.

7. TAK TAHU MALU
Sesekali ini perlu. Buat apa malu? Apakah anda melakukan hal hal yang lebih parah dibanding Bomber Cirebon atau pembunuh jemaah Ahmadiyah? Atau anda menganggap aksi blogging anda lebih buruk dari Arifinto yang kedapatan nonton porno di sidang Paripurna DPR? Anda boleh ke Rumah Sakit jiwa bila merasa aksi blogging lebih memalukan dari hal hal itu.

Posisikan malu pada tempatnya. Malu lah bila perbuatan anda itu merugikan orang lain dan merugikan diri sendiri. Selebih dari itu, bila perbuatan anda tidak masuk di 2 kategori kondisi itu. Jangan malu!

8. LUAS
Dada saya luas. Itu karena keturunan dan olah raga. Pandangan saya dalam menilai hidup ini juga harus lebih luas dari dada saya. Bila anda punya dada yang montok, jangan kalahkan pikiran anda dari montoknya dada anda. 

Cara meluaskan pikiran, yang umum adalah banyak membaca. Yang lebih khusus anda boleh melakukan praktek meditasi ringan. Saat duduk santai atau pas lagi tidak ada kerjaan, tidak usah pakai posisi macam macam. Santai saja. Lepas. Lebih gampang dengan memejamkan mata sedikit. Lalu sadari semua gejala yang sedang terjadi di diri anda. Tentang ini supaya lebih mendetail, silahkan klik disini.

Nanti anda akan kaget sendiri, begitu anda menyadari bahwa... oh, ternyata begitu Herman Hasyim menulis.

9. GIGIH
Yah ini perlu. Jangan menyerah. Walau Rangking Alexa saya baru pada kisaran 400 ribuan. Satu hari saya mungkin bisa menendang Kompasiana atau Google, wekekekekeke. Tapi sebaiknya target target ini jangan terlalu dipikirkan. Yang penting anda gigih. Kalau anda tanya untuk apa? Atau anda merasa Blog anda hanya sebagai catatan harian pribadi yang diekspos ke muka umum. Wah.... lebih baik gak usah bikin Blog. Bikin kue saja, atau masak yang enak. Nanti undang saya untuk makan malam.

10. KEBERUNTUNGAN
Beruntung ini point terakhir saya rasa. Tanpa usaha gigih, kreatif dan tidak tahu malu serta pencerahan yang saya dapatkan. Saya tidak mungkin beruntung. Mustahil kan, tiba tiba Erianto Anas ngirim email ke saya, "Tor... saya udah males ngurus Blogernas. Ini email dan password akun google saya. Lanjutkan ya...."

Tapi saya beruntung kenal dia. Hanya gara gara saya browsing di internet tentang Crop Circle, masuk ke Kompasiana, klik yang biru biru di postingan dia disana. Eh, masuk ke Blogernas. Masih belum ngeh. Mau komen gak bisa. Pingin kenal susah. Maka saya bikin akun di Kompasiana. Nabrak nabrak dia untuk cari perhatian. Dan, saya lumayan beruntung. Banyak dapat ilmu dari cara Blogging.

Dan bila ini membuat orang menuduh saya berada di bawah bayang bayang EA. Silahkan saja. Tidak ada orang sukses yang tidak mendapat bantuan orang lain. Silahkan cek ke idola anda. Mariah Carey belum tentu bisa bikin demo kalau tidak dibantu abangnya yang ngasih duit. Madonna belum tentu besar bila tidak ketemu Steven Bray dan Jillybean. Rollingstone belum tentu dikenal bila producer yang sebelumnya menolak The Beatles menyesal dan tanya ke The Beatles, punya kenalan band bagus gak? Dan John Lennon dengan santai menjawab, bahwa dia kenal Mick Jagger vocalis Stone yang muka nya dia bilang jelek banget... John bahkan bilang mulutnya lebih lebar dari sepatu boot anda!

Jadi apa salahnya berada di bawah bayang bayang orang lain. Sejauh anda bukan parasit. Anda tidak meniru pikiran dia dalam segala hal. Anda tidak sekdar posting hal hal tak berguna. Anda punya sesuatu yang memang butuh bantuan orang lain untuk memolesnya. Lakukan! Itu suatu kebentunrungan. Yang bila karma yang kau miliki tidak ada untuk itu, sampai kapan pun tidak akan pernah terjadi.

Artikel Yang Berhubungan Badan:


9 Response to "PENELITIAN TIDAK MAIN-MAIN TENTANG ALEXA RANK DAN PARAMETER BLOG LAINNYA KEMUDIAN BAGAIMANA CARA MENCAPAINYA, EFEK BLOGERNAS FORUM SERTA KREATIVITAS ANDA SEBAGAI BLOGER"

  1. Traktor says:

    Lupa satu hal bos... LICIK

    waaahh .. mantap. Perfect!

    Blogger yang sudah jalan 1 tahun pun wajib baca.
    Yang paling menarik bagi saya: SIKAP ANDA.
    Open, Blak-blakan, kadang konyol, lucu, dan... sportif!

    Oh iya ya hahaha...
    Saya suka pada bagian TAK TAU MALU.
    Malam kemaren saya pernah terpikir mau nulis topik masalah itu tapi sudah lupa. Soalnya banyak blogger justru MALU MALU dalam banyak hal soal blogging. Terutama malu soal menulis.


    Soal Atom:

    Tentu saja URL Atomnya ke komentar. Karena itu kan menu (link) komentar. Kan jelas tuh judul menunya Komentar

    Traktor says:

    Bukan, Coba lihat di widget di sidebar sebelah kanan. Disitukan ada 1, yang satu komentar yang di atas Post. Nah, isinya sama saja... semua menjadi komentar.

    Feed URL ke Postingan dimana ya?

    Ini templatenya sudah ganti ya?
    Apa itu bawaan template atau widget tambahan?

    Kalau memang bawaan, ya bisa diatasi begini:
    Buat saja menunya di Navbar. Yang sederet dg menu Erianto Anas dll itu. Cuma tinggal masukan kode spt ini:

    1. Untuk Feed Post
    http://www.traktor.co.cc/feeds/posts/default

    2. Untuk Komentar:
    http://www.traktor.co.cc/feeds/comments/default

    Untuk Terms kan bisa dipindahkan ke widget sidebar atau ke yang lain. Soalnya Feeds itu sangat penting.

    Traktor says:

    Bukan... yang diatas itu bukan nav, tapi tabs. Itu widget yang dipasang. Ini templete bawaan Blogger yang dimodif jadi cakep.

    Waah .... hebat berarti anda.
    Ini yang namanya kreatifitas!

    Traktor says:

    lah rss nya gimana?

    Ya itu tinggal sisipkan kode yang saya tulis di atas pada widget yang spt Navbar itu. Kalau biasanya URL-nya merujuk ke Label, sekarang merujuk ke URL yg saya tulis itu.

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme