IBLIS MENGGUGAT TUHAN


12991707401063407510

Buku yang sudah beberapa tahun yang lalu selesai saya baca ini menyisakan kesan tajam. Buku ini berjudul The Madness of God, yang setelah di terjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi ‘Iblis Menggugat Tuhan”. Buku ini resmi, terbitan Dastan Books ditulis oleh: Daud Ibrahim Shawni.

Sebagai panduan dalam membahas novel yang sangat nakal ini. Ada baiknya saya menyampaikan sedikit tentang Teori Konspirasi

Teori persekongkolan atau teori konspirasi (dalam bahasa Inggris, conspiracy theory) adalah teori-teori yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa politik, sosial, atau sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdaya, direncanakan diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa atau berpengaruh. Banyak teori konspirasi yang mengklaim bahwa peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah telah didominasi oleh para konspirator belakang layar yang memanipulasi kejadian-kejadian politik.

Teori ini ada di seputaran gerak dunia global dan merambah hampir kesemua ranah kehidupan manusia. Dari urusan politik sampai makanan. Bagi orang yang tidak percaya selalu menganggap semua hanya olok-olok, mengada-ada, menyia-nyiakan waktu, kurang kerjaan, dan sebagainya. Bagi para penganutnya teori itu tidak serta-merta muncul mendunia tanpa ada yang menciptakan polanya.

Kadang suatu konpsirasi tidak membutuhkan penjelasan atau bukti akurat sama sekali. Apabila ada buktinya, maka pelaku konspirasi berarti telah melakukan kesalahan. Banyak sekali teori konspirasi sekarang ini. Yang seiring dengan kebebasan pers serta meluapnya arus informasi di internet semakin susah dibedakan dengan teori asli.

Semua kisah kisah dalam teori konspirasi pasti berbeda dengan yang versi resmi. Berbagai alur cerita yang kelihatannya masuk akal dilontarkan untuk mendukung teori teori tersebut. Kadang membuat anda bingung mau mempercayai yang mana, yang resmi atau yang konspirasi. Karena teori konspirasi memang tidak untuk dibuktikan. Kalau bisa dibuktikan, yah memang bukan teori konspirasi lagi namanya... tapi sudah nyebrang ke versi resmi.
12991713221928150644

Iblis Menggugat Tuhan
Sangat menarik membaca konspirasi yang ditawarkan penulis. Karena penulis seakan akan menceritakan ada semacam konspirasi antara Iblis dengan Tuhan itu sendiri dalam hal iman, dan latar belakang tekad Iblis untuk menggoda cucu cicit Adam dan Hawa.

Bagaimana penulis menceritakan, Iblis yang dulunya Imamnya para malaikat jauh sebelum manusia dipikirkan untuk diciptakan. Sedemikian taatnya menyembah Allah, sampai berpikiran bahwa Allah sedang menguji Iblis, ketika menciptakan Adam, dan memerintahkan semua malaikat sujud kepada Adam.

Iblis tak bergeming. Diam, dan berpikir bahwa ini ujian. Ujian dariNya tentang keimanannya. Bahwa tak sekalipun Iblis akan sujud atau menyembah apapun yang diciptakan Tuhannya. Tak juga kepada Adam. Bagaimana kemudian, Iblis berargumen layaknya Ibrahim yang diuji Tuhan untuk mengurbankan putranya... demikian juga keyakinan Iblis. Bahwa walaupun dia dilaknat, dicampakkan ke neraka, dibakar gosong sayapnya. Dibuat hitam, tapi tetap! Iblis tidak akan menyembah apapun selain Allah. Itu perintah utama yang sering dilupakan manusia. Manusia yang pongah, yang selalu mengkambing hitamkan iblis untuk segala kejahatan mereka (demikian argumen Iblis).

Lebih jauh lagi, Iblis menguatkan diri dalam laknat Tuhan yang dirasakannya sebagai ujian. Bahwa dia sejuta kali lebih setia kepada Tuhan daripada manusia, yang selalu menciptakan berhala berhala, memberhalakan yang sebenarnya bukan berhala.

Dengan keyakinan, Iblis meyakinkan diri sebagai apa yang dimaksud mahluk yang dilaknat di dunia, namun sebenarnya mulia disisiNya..

Berikut sedikit penggalan dari buku ini:

Kau bilang Adam berdosa gara-gara hasutanku? Kalau begitu, atas hasutan siapa aku melakukan dosa? Aku sebenarnya melakukan apa yang dia perintahkan, dan aku sepenuhnya patuh pada keinginan Allah. Mau bagaimana lagi? Tak ada ruang yang luput dari kuasanya. Aku bukanlah tuan bagi keinginanku sendiri.Aku menyembah Allah selama 700 ribu tahun!

Tak ada tempat tersisa di langit dan di Bumi dimana aku tak menyembah-Nya. Setiap hari aku berkata pada-Nya, Ya Allah, anak keturunan Adam menolak-Mu, namun Engkau tetap bermurah hati dan meninggikan mereka. Tapi aku, yang mencintai dan memuja-Mu dengna pemujaan yang benar, engkau buat menjadi hina dan buruk rupa.Lihatlah segala penderitaan dan kesengsaraan yang telah ditimpakan-Nya atas dunia ini. Lihatlah betapa monster itu melakukan semuanya hanya untuk menghibur diri! Jika ada yang terlihat murni, dibuat-Nya ternoda! Jika ada yang manis, Dia buat masam! Jika ada yang bernilai, dibuat-Nya jadi sampah! Dia tak lebih dari sekadar Badut dan Pesulap Murahan, Pembohong Gila! Dan Kegilaan-Nya masih terus membuatku lebih gila lagi!.......”

Iblis Menggugat Tuhan. Bukan sembarang novel. Ini fiksi yang memerlukan lebih dari sekedar nalar untuk memahaminya. Penulisnya sangat lihai mengutip ayat ayat suci dari bermacam kitab suci untuk mendukung konspirasi Iblis dengan Tuhan dalam hal mengadili manusia.

Sebenarnya saya ingin menceritakan bagaimana seorang Muhammad remaja kemudian hadir di akhir dari novel ini.  Namun tidak etis rasanya karena kemungkinan ada yang tertarik mau baca, jadi semacam spoiler alert deh....

Bila anda memahami Teori Konspirasi yang di awal tulisan sudah saya bahas. Tak ada salahnya membaca novel nakal ini. Anggap saja penulis novel ini sedang menuliskan sebuah teori konspirasi, namun yang dikonspirasikan disini adalah Iblis dengan Tuhan.  Dengan begitu, saya mengharapkan anda bisa membaca novel ini dengan lebih open mind.

Traktor Lubis - Jkt, 04 Maret 2011
Artikel Yang Berhubungan Badan:


2 Response to "IBLIS MENGGUGAT TUHAN"

  1. Sang Pendosa says:

    ..salam kenal bang Lubis...
    sedikit komentar:
    - tahukah anda bahwa Iblis bukan dr golongan malaikat ?...iblis itu dr golongan jin yg krn luar biasa taatnya kpd Allah maka diangkat sbg "leader" nya para malaikat,...jd kl Tuhan memerintahkan para malaikat bersujud & Iblis gak mau ya wajar...lha wong itu perintah utk malaikat...hehehe...
    - Iblis menggoda Adam & dianggap sbg penyebab Adam turun ke bumi...saya krg sependapat...bukankah Adam diciptakan sbg manusia di MUKA BUMI..lha kalo terus nongkrong di surga kapan ke buminya ?....makanya menurutku Iblis diberi order utk menggoda spy Adam bisa segera dieksekusi turun kebumi & dia sadar bahwa manusia itu gak luput dr kesalahan & dosa-biar gak sombong ngrasa benar sendiri, utk itulah gunanya ibadah & berbuat baik yaitu menghapus dosa & perbaikan....kasian iblis kl terus2an dikambinghitamkan atas segala kesalahan/perbuatan dosa manusia...gak ada yg istimewa & baru di buku itu kok...hehehe
    btw..julukannya serem juga..TRAKTOR....mudah2an Traktornya digunakan utk melibas penyakit2 hati di diri sendiri, bukan utk melibas dg alasan kemarahan & utk menang-kalah... :)
    ..eh ternyata komentar saya banyak ya...maaf, sekali lg mohon maaf kl ada komentar saya membuat bang Lubis sakit hati ato kurang berkenan...salam...

    Traktor says:

    HOI Sang Pendosa.... Protes jangan pada saya! Pada yang nulis buku itu...

    SAYA TIDAK TAHU APA APA SOAL IBLIS

    Belum pernah ketemu! Anda juga tak tahu apa apa soal Iblis, selain dari kitab kitab usang itu.

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme