7 DOSA PENULIS


Sebenarnya menulis ini adalah bakat. Namun bakat yang tidak dilatih akan tetap mengendap menjadi bakat. Sementara bagi yang rajin berlatih akan semakin cemerlang. Bagi yang kurang berbakat, tapi menyadari kekurangan bakatnya, dan rajin melatih berdiri, saya yakin akan menjadi sangat berbakat.

Banyak kesalahan yang dilakukan penulis pemula, menurut saya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. TERLALU BANYAK REFERENSI
Karena keinginan menjadi penulis yang 'baik', anda lupa bahwa anda itu unik. Anda sibuk membeli buku-buku kiat menulis yang baik. Anda dibuat repot dengan tips tips menulis. Seperti membaca tulisan saya tentang kiat menulis cepat ini. Anda mungkin akan kecewa. Karena mendapati bahwa anda bukan saya. Dan saya bukan anda. Intinya, ini cara saya, bila anda merasa bisa seperti saya, lanjut. Tapi kalau merasa tidak sanggup karena perbedaan karakter, anda harus bisa mencari karakter anda.

2. MISKIN IMAJINASI
Mengapa saya suka Harry Potter? Bagi yang tidak membacanya. Bagi yang terbiasa baca tulisan kaliber yang berat berat itu akan mencibir. Harry Potter itu kan kisah anak anak. Ngawur dan tidak mutu.

Anda salah. Harry Potter itu buku paling jenius yang pernah saya baca seumur hidup. Dan Brown dengan Da Vinci Code-nya tidak ada apa apanya dibanding Rowling dengan Harry Potternya. saya tahu penilaian ini relatif. Oleh karena itu saya memberikan alasan mengapa Harry Potter lebih superb dari Da Vinci Code.

Harry Potter membuat nyata sesuatu yang sebenarnya bullshit. Sementara Da Vinci Code dibuat berpijak pada teori teori konspirasi agama yang sudah lama ada. Jadi Da Vinci Code hanya jago di segi editing. Harry Potter itu original. Asli kegilaan penulisnya.

Kemudian Harry Potter menembus semua kalangan. Hillary Clinton membagi-bagikan Harry Potter sebagai hadiah natal karena gilanya buku sihir itu. Padahal anda tahu sendiri, kemungkinan Hillary jauh lebih smart daripada Bill Clinton suaminya, bahkan dibanding Obama.

Demikian juga Madonna. Bom Sex sepanjang jaman itu menyatakan cinta pada Harry Potter, sampai dia juga berniat mengikuti sukses Rowling, menulis buku cerita anak anak. Syukurlah Madonna gagal.

Jadi anda harus jago ngayal dan berpikir kalau mau menulis.

3. TAKUT
Akibat kebanyakan berteori, anda ketakutan sendiri. Anda menjadi tidak pede. Saya jarang memeriksa lagi tulisan saya. Setelah menulis ini akan langsung saya pencet Terbitkan Entri. Kesalahan satu dua huruf itu manusiawi. Yang penting anda punya sesuatu yang ingin disampaikan.

Jangan takut tulisan anda dinilai bagaimana oleh orang lain. Biarkan mereka beranggapan apa saja atas tulisan anda. Seiring dengan waktu, kemampuan anda menyampaikan pendapat lewat cara tulisan akan semakin meningkat. Percayalah pada Traktor.

4. SOK INTELEK
Kebanyakan mengutip pendapat si anu, pendapat si ani, dsb... Bagus, bila anda punya daya ingat luar biasa pada apa apa saja yang ditulisakan orang. Tapi kendalanya, anda menjadi mandeg. Berapa tulisan yang bisa anda hasilkan dari cara begitu?

Kemudian, untuk apa otak anda diletakkan di tengkorak kepala anda? Bila anda tetap tidak pede mengeluarkan pendapat anda?

Saya mengalami banyak hal. Dituduh plagiatpun jadi, karena kebanyakan menulis dan posting.

Yah, anda bayangkan sendiri, saya menulis prosa, puisi, filsafat, agama, kiat kiat kaya gini, kisah kisah komedi, ngacak ngacak pikiran orang, lalu menulis lagu, memproduksi lagu itu menjadi musik yang layak dengar, membuat videonya. Dan bisa ngotak ngatik photo lagi.

Orang orang yang berpikiran pendek akan gampang saja curigation, lalu menyematkan stemnpel plagiat ke saya. Ini saya anggap sebagai bukti, bahwa mereka belum pernah ketemu orang seperti saya. Gak mungkin....!

5. SOK PRIYAYI
Nah, ini digaya bahasa. Anda kadang mikir, mau nulis 'gak' atau 'tidak'. Lazimnya pakai 'tidak' supaya lebih baku dan kesannya priyayi. Padahal 'gak' bisa membuat tulisan anda lebih mengalir dan jujur.

Nurani anda juga berkata begitu. Hanya anda ingin tulisan anda 'berkelas'.

Ketahuilah, tulisan anda berkelas bila ada ide atau isi yang ingin anda sampaikan, bukan pada gaya bahasanya. Gaya bahasa hanya kemasan, baju. Konten anda yang penting.

6. KURANG KOMUNIKATIF
Anda membayangkan anda sebagai pembawa acara di TV. Atau pembaca berita di Radio. Dan anda lupa, bahwa pembawa acara di TV itupun menyapa penontonnya dengan 'pemirsa' sementara pembaca berita di radio dengan 'pendengar'.

Lalu mengapa anda tidak mengajak pembaca anda ngobrol?

Coba anda teliti lagi. Bukannya dari awal tulisan ini seakan akan saya dengan anda sedang berbicara? Sedang kongko-kongko. Sedang ngobrol?

7. SOK CANTIK
Yah, karena ingin terlihat cantik, anda menjadi berhias kelamaan. Bagi yang ABG dipakailah bahasa alay. A diganti 4, 'i' diganti '!'. Buat apa coba?

Lalu bagi yang sudah dewasa, sok cantiknya dibuat dengan bahasa yang terlalu lembut, sopan dan wah.... perfect deh! Awas, hati hati. Bisa bisa tulisan anda dianggap ditulis oleh robot. Bukan manusia seperti anda.

===============

Karna 7 adalah angka paling mujur dalam dunia sihir. Maka 7 kesalahan itu saya harapkan membuat anda mujur.

Salam - Traktor Lubis  




Artikel Yang Berhubungan Badan:


6 Response to "7 DOSA PENULIS"

  1. Tonnys says:

    hahaha...gileee...cpat begitu bang...wkwkwk..asli ketawa karena salut saya bang..hebat...
    wajib niru nih...hehe

    Tonnys says:

    ohya lupa..hehe..mantab kata-kata "percayalah pada traktor" haha...asli bang...

    Traktor says:

    hehehehe..... pertanyaan mas Tonny di Chat Box kan membutuhkan jawaban panjang, bukan sekedar basa basi,

    Makanya menjawab mas Tonny saya kemas jadi tulisan.... sederhana saja kan.... hahahahaha

    Tonnys says:

    hehe...cuma satu kata bang..SALUT...

    waah.... habis dah jimat saya kalau sudah begini.

    Traktor says:

    wakakakakaka..... ini bukan jimat mas.... ini hanya sampah! kalo mau didaur ulang bisa, dijadiin pupuk kandang juga oke... wekekekekeke

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme