Menurut BBC Air Zam-Zam Beracun



Air Zam-Zam Beracun
SENIN, 09 MEI 2011 | 14:35 WIB

TEMPO Interaktif, London - Hasil penyelidikan BBC pekan lalu menyebutkan air zam-zam yang dijual tiga toko buku muslim di Inggris tercemar arsenik. Ketiga toko buku itu berlokasi di Wodsworth (barat daya London), Upton Park (timur London), dan Luton (Bedfordshire).

“Air itu beracun karena kadar arseniknya tinggi dan arsenik bisa menyebabkan kanker,” kata Dr. Duncan Campbell, Presiden Asosiasi Analisis Publik. Oleh karena itu, ia menyatakan minum air zam-zam tidak aman bagi kesehatan.

Kalangan muslim menganggap air zam-zam sebagai air suci dan bahkan bisa mengobati penyakit. Air yang sumurnya tidak pernah kering sejak zaman Nabi Ibrahim itu selalu menjadi oleh-oleh wajib bagi yang beribadah haji atau umrah ke Arab Saudi. Air zam-zam ini tidak diekspor untuk kepentingan bisnis.

Dalam investigasinya, BBC meminta seorang jemaah umrah mengambil air zam-zam dari keran yang terhubung dengan sumur zam-zam di Kota Makkah, Arab Saudi. Jemaah itu juga diperintahkan membeli air zam-zam botolan yang banyak dijual di kota suci bagi umat Islam itu.

Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar nitrat dan arseniknya tiga kali di atas ambang kesehatan. Bahkan, air itu juga berpotensi mengandung bakteri berbahaya.

Seorang ahli kesehatan lingkungan Dr Yunus Ramadan Teinaz pernah memperingatkan soal bahaya air zam-zam ini. “Mereka sulit menerima air zam-zam beracun,” ujarnya seraya menambahkan persoalan ini sangat sensitif.

Setelah laporan BBC muncul, ketiga toko buku muslim itu tidak lagi menjual air zam-zam.

Pemerintah Saudi telah membantah laporan BBC itu setelah menguji di laboratorium Maret lalu. “Tidak ada arsenik dalam air zam-zam asli,” kata Kedutaan Besar Saudi di Ibu Kota London, Inggris, kemarin.

BBC/FAISAL ASSEGAF

=============================

BBC akan dicurigai mengandung muatan politik yang berhubungan dengan menjelek-jelekkan Islam. Sementara pemerintah Arab Saudi yang mendapat banyak untung dari penjualan air suci ini pasti akan menyangkal penelitian BBC itu.

Artikel Yang Berhubungan Badan:


0 Response to "Menurut BBC Air Zam-Zam Beracun"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme